Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Tidak Bikin Capek (2)

Baiklah kita lanjutkan…

Menulis, menurut saya adalah level tertinggi dari kemampuan Bahasa. Untuk penulisan informal seperti kirim WA ke teman itu relatif mudah, karena susunan kalimat dan pilihan kata tentu saja hampir sama dengan kalimat percakapan.

Namun menjadi hal yang cukup menantang jika dihadapkan dengan bentuk tulisan untuk tujuan akademik dan surat menyurat resmi.

Penulisan Bahasa Inggris untuk tujuan akademik biasanya diperlukan saat kita ingin mendaftar beasiswa ke perguruan tinggi di luar negeri. Maka biasanya akan ada test writing, yang tentu saja harus dipelajari teknik maupun formatnya.

Saat ini sudah banyak situs-situs yang menjelaskan tentang academic writing. Namun menurut saya memang perlu ada orang yang melakukan bimbingan secara langsung mengenai ini.

Berikutnya, mengenai surat menyurat resmi. Bahasa yang digunakan untuk surat menyurat resmi juga berbeda-beda.

Kalian bisa mencoba dengan berkorespondensi dengan situs-situs apa saja yang menyediakan kontak e-mail. Nanti akan ada e-mail balasannya. Nah, dari balasan e-mail tersebut dapat dicontoh bagaimana mengirim surat dalam Bahasa Inggris dengan gaya bahasa korespondensi.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis ini, salah satu jurus yang paling jitu adalah banyak membaca tulisan-tulisan essay, jurnal dan berita-berita internasional. Kalian akan menemukan keberanekaragaman gaya tulisan dan pemilihan kata.

Tentu saja, selanjutnya giliran kalianlah yang mencoba untuk menulis.

Setelah itu sebaiknya cari partner yang bisa mengecek tulisan anda. Bagi pemula biasanya tulisan Bahasa Inggrisnya terlihat benar namun terkadang pemilihan kata-katanya kurang tepat. Atau dalam istilah saya “Bahasa Indonesia yang diInggriskan”.

Lebih beruntung lagi jika teman-teman sekalian punya kesempatan untuk belajar di luar negeri, gunakan kesempatan ini untuk mengecek sejauh mana tulisan anda dimengerti oleh orang asing.

Ukurannya adalah jika orang tersebut mengerti makna yang anda sampaikan berarti tulisan anda sudah benar.

Sekali lagi, semakin kalian banyak membaca maka akan mempengaruhi tulisan kalian.

Semakin banyak menulis maka semakin terlatih kemampuan kalian untuk menterjemahkan ide menjadi sebuah tulisan.

Resep Ketiga “BIASAKAN MENYUSUN KALIMAT DENGAN BAIK”

Kebetulan saya punya teman. Dia dulu menempuh kuliah di salah satu universitas negeri di Semarang dengan jurusan sastra Perancis. Dia bilang “prinsip utama dalam berkomunikasi adalah biasakan Menyusun kalimat dengan baik, bahakan dalam Bahasa sendiri”

Kadangkala, tanpa kita sadari, dalam berbicara menggunakan Bahasa Indonesia saja, terkadang susunan kalimat yang dilontarkan sangat amburadul.

Contohnya “ Sudah makan kamunya?”, “Sedang mbersihin kamar mandi akunya tadi”,

Nah, hal ini biasanya tanpa sadar akan mempengaruhi alam bawah sadar kita untuk menggunakan gaya yang sama dalam menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai orang yang tumbuh dalam lingkungan non-English, sebaiknya kita biasakan menyusun kalimat secara teratur terlebih dahulu.

Kalimat dalam Bahasa Inggris selalu dimulai dengan urutan Subyek Verb , jangan dibolik-balik. Anda bayangkan bagaimana perasaan orang Bule ketika berbicara dengan teman-teman jika dibolak balik.

Pelafalan kita saja kadang tidak dimengerti oleh si Bule apalagi ditambah dengan susunan kalimat yang amburadul.

Mungkin ini kiat terakhir, “ FOKUS PADA PELAFALAN “PRONUNCIATION”.

Pengalaman saya pelafalan itu sangat penting. Lebih baik bicara irit dengan lafal yang jelas dari pada bicara banyak tetapi lafalnya kurang mantap.

Pelafalan ini menjadi sangat penting. Tirulah persis cara melafalkan kata demi kata dalam Bahasa Inggris. Persis bunyinya.

Keuntungan dari menguasai pelafalan ini yaitu selain kata-kata anda mudah dimengerti maka kalian juga akan terlihat mahir dalam berbahasa.

Dengan pelafalan yang baik pula, teman-teman akan sangat mudah berkomunikasi dengan orang asing. Perbanyan menonton film berbahasa Inggris, maka akan semakin meresap pula aksen Bahasa Inggris yang akan anda gunakan.

Itu dia tadi resep belajar Bahasa Inggris berdasarkan pengalaman saya. Semoga bisa membantu teman-teman sekalian yang ingin memperlancar Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s