Memperkuat Armada Laut Demi Kemakmuran Rakyat (2)

By Dani M. Samudra

Barusan saja kita dengar berita tentang adanya kapal kargo Ever Given yang super besar kandas di terusan Suez. Kenapa bisa menjadi trending topik seluruh dunia?

Ya tentu saja, karena terusan Suez adalah “jalan tol laut” dunia yang menghubungkan Asia dan Eropa. Jika tidak ada terusan ini maka seluruh kapal harus melambung melalui benua Afrika yang tentu saja membutuhkan waktu dan biaya yang jauh lebih besar.

Akibat dari tersangkutnya kapal Ever Given itu, kapal kargo lainnya yang membawa jutaan ton barang dagangan tidak bisa melewati terusan Suez, membuat kemacetan di tol laut itu.

Syukurlah kapal ini dapat kembali berlayar setelah otoritas terusan Suez dengan menggunakan bantuan kapal keruk dan tug boat mendorong kembali kapal it uke lintasannya.

Namun apa mau dikata, akibat kejadian ini, ratusan kapal harus terlambat sampai tujuan. Mungkin beberapa rencana bisnis terhambat bahkan batal dilakukan akibat kendala jalur logistic yang terputus beberapa waktu.

Coba anda bayangkan, betapa banyak kerugian yang harus diderita oleh pengusaha jika ada permasalahan di jalur logistik laut. Ini baru kejadian blockade karena faktor kapal, yang meskipun bagi sebagian orang penyebab kapal kandas bisa saja disengaja.

Banyak efek domino yang akan terjadi akibat instabilitas jalur laut. Bukan hanya kerugian ekonomi namun dapat mengakibatkan kelaparan bagi negara yang menunggu dukungan bahan pangan yang diimpor dari kapal laut yang melintasi.

Sekarang dapat kita renungkan, seandainya selat Malaka itu menjadi sarang penyamun, atau dikuasai oleh negara tertentu yang membuat kapal-kapal Indonesia menjadi tidak bebas.

Dapat melintas tetapi pajaknya tinggi atau tidak mau bayar pajak, kapal ditenggelamkan, misalnya.

Tentu saja harus dicari jalur lainnya yang tentu saja jaraknya menjadi lebih jauh.

Jika seandainya Indonesia punya armada laut yang kuat tentu saja sebuah keuntungan bagi perdagangan negara ini. Armada laut yang kuat bukan saja banyaknya kapal perang tetapi juga infrastruktur yang menunjang seperti radar, satelit dan senjata.

Dengan adanya tekhnologi satelit dan radar, tentu saja kita dapat mendeteksi keberadaan kapal-kapal dagang, kapal-kapal perang negara lain, maupun kapal “X”lainnya. Jika ada kapal yang hilang, tentu saja dengan mudah kita mendeteksi dimana posisi terakhirnya.

Jika kapal perang memiliki senjata yang mumpuni, tentu saja dapat memberikan rasa aman bagi kapal-kapal dagang untuk berlayar ke daerah tujuan. Tidak perlu khawatir dilamun perompak ataupun diblokade oleh negara asing.

Maka daripada itu, dengan Armada Laut yang kuat berarti menjamin kesejahteraan rakyat. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s